Menu
Listing Perumahan

Daftar Rumah di jual di Jabodetabek

081381830651

Perumahan Griya Asri Taman Mini Blok G1 No.13 Jati Makmur

Cara Mengajukan Dan Syarat KPR BTN

Jumat, Maret 29th 2019.

dokumen-kprDari sekian banyak bank yang ada di Indonesia, KPR Bank BTN  hingga kini masih menjadi pilihan favorit masyarakat dalam hal pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Alasannya, karena lebih terpercaya dan punya tingkat suku bunga yang sedikit lebih rendah.

BTN sendiri menghadirkan fasilitas kredit untuk rumah subsidi atau KPR murah dan non subsidi. Untuk rumah komersil baik dari pengembang maupun perorangan, program kredit dinamakan KPR BTN Platinum.

Fasilitas ini juga bisa digunakan untuk pembelian rumah baru dan bekas, indent, maupun take over kredit dari bank lain.

Untuk suku bunga KPR 2018, BTN memberikan angka yang cukup kompetitif yakni mulai 8,75% tetap selama satu, tiga, dan lima tahun.

Keunggulan menggunakan fasilitas KPR BTN diantaranya:

  • Suku bunga kompetitif
  • Proses cepat dan mudah
  • Jangka waktu cicilan fleksibel sampai 25 tahun
  • Perlindungan asuransi jiwa kredit, asuransi kebakaran, dan gempa bumi
  • Memiliki jaringan kerjasama yang luas dengan pengembang di seluruh wilayah Indonesia

Sementara agar permohonan kredit tidak ditolak oleh bank, sebaiknya kenali dulu syarat KPR BTN berikut ini:

  • WNI dan berdomisili di Indonesia
  • Telah berusia 21 tahun atau telah menikah
  • Memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap sebagai pegawai tetap/wiraswasta/profesional dengan masa kerja/usaha minimal 1 tahun
  • Memiliki NPWP Pribadi

Selain syarat KPR BTN, calon nasabah juga harus mempersiapkan dokumen yang dilampirkan saat pengajuan. Berikut daftar dokumennya.

Dokumen Pegawai Karyawan Wiraswasta Profesional
Form Aplikasi Kredit
Fotocopy KTP, Kartu Keluarga, Surat Nikah/Cerai
Pas Foto terbaru Pemohon & Pasangan
Asli slip gaji terakhir atau Surat Keterangan Penghasilan
Fotocopy SK Pengangkatan Pegawai Tetap
Fotocopy Tabungan/Giro di Bank BTN /Bank lain min. 3 (tiga) bulan terakhir
Fotocopy SPT Pph Ps.21 untuk kredit >Rp 50 juta s/d Rp 100 juta
Fotocopy NPWP untuk permohonan kredit > Rp 100 juta
Fotocopy Akta Pendirian Perusahaan berikut perubahannya, SIUP, TDP & SITU
Fotocopy Ijin-ijin praktek
Fotocopy SHM/SHGB/ dan IMB

Membeli rumah dengan KPR ternyata juga memiliki banyak keuntungan, lho. Apa saja itu? Simak videonya berikut ini.

KPR BTN Khusus Atlet

Baru-baru ini, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. kembali berinovasi dengan meluncurkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) BTN Khusus Atlet yang memudahkan para olahragawan termasuk atlet-atlet nasional berprestasi untuk memiliki rumah.

Adapun, terobosan tersebut dilakukan perseroan sebagai bentuk dukungan terhadap penyelenggaraan Asian Games 2018, sekaligus untuk memberikan apresiasi kepada para atlet Indonesia yang berlaga di Asian Games 2018 pada khususnya, dan atlet nasional pada umumnya.

Program KPR BTN Khusus Atlet ini juga dimaksudkan perseroan guna mendukung suksesnya Program Satu Juta Rumah.

Direktur Utama Bank BTN, Maryono mengatakan, KPR BTN Khusus Atlet ini lahir dari semangat tinggi perseroan untuk menambah semangat para atlet nasional dalam berprestasi di ajang Asian Games 2018.

Namun produk ini juga diracik untuk dapat memberi kemudahan bagi atlet-atlet nasional lain secara keseluruhan agar dapat memiliki rumah. Menurutnya, para atlet nasional tersebut perlu didukung sehingga dapat memiliki rumah layak dengan mudah, murah, dan cepat.

Melalui produk anyar ini, lanjutnya, juga menjadi langkah Bank BTN dalam memberikan stimulus kepada para atlet yang turut berlaga di ajang Asian Games 2018 untuk menang dan membawa nama baik Indonesia.

“Mereka para atlet butuh dukungan, sehingga produk ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan para atlet untuk memiliki tempat hunian yang layak, sehingga bisa terus mengharumkan nama baik bangsa,” ujar Maryono dalam acara Buka Puasa Bersama Media di Jakarta, Rabu (30/5).

Ada berbagai manfaat yang dapat diperoleh para atlet nasional berprestasi dari produk terbaru Bank BTN tersebut. Diantaranya suku bunga murah mulai dari 5%.

Simak juga: Berburu Rumah Murah Vs Berburu Rumah Subsidi Pemerintah

Bank BTN juga menawarkan promo berupa uang muka (down payment/DP) mulai dari 5%. Kemudian lewat KPR BTN Khusus Atlet, debitur juga bisa memiliki hunian tanpa biaya administrasi, provisi, danappraisal.

KPR BTN Khusus Atlet tersebut juga dirancang dengan beberapa kelebihan dibandingkan jenis pinjaman pemilikan rumah lainnya. Melalui jenis KPR ini, para atlet bisa mengangsur hingga 30 tahun. Seperti diketahui, produk KPR pada umumnya hanya berjangka waktu paling panjang 20 tahun.

“Kami juga memberikan jangka waktu kredit hingga 30 tahun khusus bagi para atlet nasional. Inilah salah satu kelebihan yang kami maksudkan sebagai bentuk dukungan kepada atlet Indonesia untuk bagaimana mereka kesejahteraannya juga terjamin dari sisi terpenuhinya kebutuhan hunian mereka,” imbuhnya.

Emiten bersandi saham BBTN ini pun turut menggelar beberapa kegiatan lain dalam rangka mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018. Salah satunya Bank BTN telah melakukan kerjasama dengan Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) untuk mendukung pesta olahraga Asia ke XVIII tersebut.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatangan Perjanjian Kerja Sama terkait Sponsorship Asian Games 2018 antara Bank BTN dan INASGOC di Jakarta, Rabu (30/5).

Sebagai bentuk kepedulian Bank BTN bagi para atlet, perseroan juga memberikan bantuan berupa dana pembinaan kepada Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI).

Dana pembinaan tersebut diberikan perseroan sebagai bentuk apresiasi kepada para atlet panjat tebing Indonesia karena telah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

“Ini adalah bentuk dukungan sosial yang diberikan korporasi kepada atlet panjat tebing melalui program Corporate Social Responsibility Bank BTN. Kami peduli kepada mereka dan ini menjadi semangat korporasi untuk mendukung atlet pada umumnya untuk berprestasi lebih baik untuk Indonesia,” ujarnya.

KPR Murah BTN

Sebagai bank pelopor, BTN juga memberikan KPR murah yang disebut KPR BTN Mikro. Fasilitas kredit tersebut membidik keluarga atau individu yang memilki penghasilan rata-rata Rp1,8 juta hingga Rp2,8 juta per bulan.

Ada sejumlah hal yang mesti diketahui sebelum memutuskan untuk mengajukan KPR murah, diantaranya:

  • Maksimal gaji harus di bawah Rp3 juta
  • Plafon kredit yang bisa dikucurkan maksimal Rp75 juta
  • KPR Mikro memberikan jangka waktu cicilan selama 10 tahun dengan suku bunga kredit kisaran 6-7%
  • Jika dihitung berdasarkan maksimal pinjaman dan tenornya, maka diperkirakan masyarakat yang memanfaatkan KPR murah alias Mikro akan dikenakan nominal cicilan sebesar Rp900.000 per bulannya.

Sementara untuk syarat KPR murah yakni KPR BTN Mikro adalah:

  • Calon nasabah datang langsung ke BTN dengan melengkapi dokumen yang dibutuhkan seperti identitas diri dan NPWP.
  • Kemudian sampaikan income statement yang simpel kepada bank, dan pastikan maksimal cicilannya 50% dari total penghasilannya.
  • Menabung terlebih dahulu selama enam bulan di BTN. Nominal tabungannya sesuai dengan cicilan yang akan dibayar nantinya. Misalnya, masyarakat mengajukan kredit untuk renovasi kamar dengan menghabiskan biaya Rp15 juta, maka asumsi tabungan dan cicilannya nanti sekitar Rp450 ribu.

Simulasi Cicilan KPR BTN

Sebagai panduan Anda sebelum mengajukan KPR BTN, simak simulasi cicilannya melalui Kalkulator KPR yang ada di listingperumahan.com dengan catatan:

  • Harga rumah sebesar Rp350 juta
  • Uang muka Rp35 juta (10%)
  • Jumlah pinjaman maksimum Rp315.000.000
  • Tenor 15 tahun
  • Suku bunga tetap 8,75% selama 5 tahun
  • Dan suku bunga mengambang 11% mulai dari tahun keenam sampai angsuran usai

*Biaya Bank

Appraisal Rp1.000.000

Provisi Rp1.575.000

Total Biaya Bank Rp2.575.000

*Biaya Notaris

Akta APHT Rp3.150.000

Perjanjian HT Rp3.150.000

Total Biaya Notaris Rp. 6.300.000

*Angsuran per bulan Rp4.046.875

Pembayaran Pertama

(Angsuran + DP + Total Biaya Bank + Total Biaya Notaris ) Rp47.921.875